BKM AMANAH

Kamis, 02 Agustus 2012

PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS DI KEL. LALUNG

Upaya untuk memberdayakan masyarakat di Kelurahan Lalung melalui Program PNPM-MP telah dimulai sejak tahun 2007. Diawali dengan  Sosialisasi kepada masyarakat, kemudian Rembug Kesiapan Masyarakat untuk menerima atau menolak program. Refleksi Kemiskinan dilakukan dengan melalui Diskusi Kelompok Terbatas(FGD), untuk menemukan penyebab kemiskinan dan kriteria kemiskinan,  Penggalangan Relawan yang nantinya akan terlibat dalam proses Pemetaan Swadaya(TIM PS),sampai Pelaksanaan Pemetaan Swadaya, dan dilanjutkan dengan Penyusunan PJM Pronangkis(Program Jangka Menengah Program Penanggulangan Kemiskinan). Setelah PJM Pronangkis dirumuskan dilanjutkan dengan Pembangunan BKM dengan cara Pemilu yang diorientasikan pada pencarian orang2 yang baik dimasyarakat yang memiliki nilai2 luhur, dan Pembentukan KSM serta Pelaksanaan Kegiatan yang ada di PJM Pronangkis melalui stimulasi Dana BLM(Bantuan Langsung Masyarakat) sebagai media belajar masyarakat dalam Pelaksanaan PJM Pronangkis ini mangacu pada tiga sektor Lingkungan, Sosial dan Ekonomi.
Siklus PNPM-MP sebagaimana tersebut diatas sudah berjalan 5 tahun, Upaya penanggulangan kemiskinan, rupanya tidak semudah membalikkan tangan, upaya membangun sinergitas melalui Program PAKET sudah dilakukan dalam rangka membangun kemitraan dan dukungan dari PEMDA, upaya kemitraan juga diinisiasi melalui channeling dengan Pihak lain, dan Saat ini Kel. Lalung sudah sampai pada ending dari intervensi Program PNPM-MP, yakni Pelaksanaan Program PLP-BK yang ada di Kelurahan Lalung.
Program PLP-BK di Kelurahan Lalung dimulai sejak akhir tahun 2009, dimana untuk pelaksanaan kegiatan tersebut mendapat anggaran sebesar 1 Milyard perkelurahan yang lolos seleksi dan berdasarkan kriteria2 yang telah ditentukan oleh Program. Program ini terbagi atas Tiga Tahapan Besar, yakni: PERENCAAN, PEMASARAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN FISIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar